Kenali bahaya jarang mandi bagi kesehatan tubuh

Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang kerap melewatkan waktu mandi, misalnya cuaca yang dingin, sedang berada di luar rumah (pendakian) hingga perasaan malas. Sering kali waktu libur menjadi alasan untuk tidak mandi karena tidak bepergian atau aktivitas rumah yang sedikit sehingga membuat tubuh tidak berkeringat.

Padahal bukan hanya menjaga kebersihan akan tetapi ada banyak manfaat mandi bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ada bahaya yang mengintai jika seseorang jarang mandi. Apa saja bahaya tersebut? yuk kenali bahaya jarang mandi bagi tubuh.

Baca Juga : 4 Kesalahan Mandi yang Sering Tidak Kamu Sadari

  1. Timbulnya permasalahan kulit

Bahaya ini sering kali terjadi, jarang mandi bisa menimbulkan permasalahan kulit. Penyakit panu, kurap, kudis akan bermunculan dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Debu yang menempel pada tubuh dan tidak dibasuh yang menumpuk membuat tubuh gatal dan menjadikan infeksi pada kulit.

  1. Membuat tubuh gerah dan lemas

Tanpa disadari tidak mandi membuat tubuh menjadi lemas. Itu mengapa mandi dapat menyegarkan tubuh sebab menghilangkan debu yang menempel dan rasa gerah yang mengganggu. Saat malas mandi, tubuh akan semakin malas melakukan aktivitas lain karena sudah lemas.

  1. Muncul penyakit flu dan batuk

Tubuh yang kotor membuat lingkungan menjadi lebih jorok. Kurangnya kebersihan menjadi sumber penyakit. Flu dan batuk pada akhirnya tidak bisa dihindari, karena kamu hidup bersandingan dengan debu dan kuman-kuman yang menempel.

  1. Sulit tidur

Kurangnya menjaga kebersihan dapat membuat tubuh mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Rasa gerah, dan gatal dapat berkumpul menjadi satu dan mengacaukan segalanya. Kesulitan tidur dapat menyebabkan produktivitas kehidupan esok hari menjadi terganggu.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

  1. Kulit menjadi kusam dan keriput

Jarang mandi membuat kulit menjadi kering. Kulit kering dapat berubah menjadi kusam dan keriput. Hilang sudah ekspektasi memiliki wajah yang awet muda jika jarang mandi. Maka dari itu, jika tidak ingin mengalami penuaan dini sebaiknya lebih rajin mandi.

Normalnya untuk menjaga kebersihan seseorang butuh mandi sehari dua kali. Hal ini untuk menghilangkan kotoran setelah beraktivitas di pagi hari dan sore hari. Setelah mengetahui bahaya jarang mandi, harus lebih rajin mandi dong. Jangan sampai hal sepele ini menjadikan boomerang untuk kesehatanmu. Ingat, kebersihan juga sebagian dari pada iman lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *