Obat Insomnia atau Susah Tidur Ala dr. Zaidul Akbar

Bagaimana cara mengatasi insomnia atau sulit tidur lelap, sedangkan tidur tetapi pikiran selalu hidup/terjaga?

Jawab:

Insomnia adalah gejala tidak bisa tidur pada malam hari, jika tidur maka esoknya seseorang justru merasa lelah. Hal ini tentu mengganggu aktifitas sehari-hari. Tubuh menjadi lemah, lesu, dan lunglai. Insomnia biasanya sering disebabkan adanya permasalahan psikologis.

Berdasarkan Wikipedia, Susah tidur memang sering terjadi pada usia muda ataupun usia lanjut, dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi, dan ketakutan. Bahkan susah tidur bisa dikarenakan badan dan otaknya tidak lelah.

Baca juga: Tips Agar Suami Berhenti Merokok

Insomnia sering terjadi karena beberapa hal, seperti:

  1. Bekerja pada malam hari
  2. Jet lag
  3. Jam kerja sering berubah-ubah
  4. Konsumsi alkohol berlebihan
  5. Efek samping obat-obatan tertentu
  6. Kerusakan pada otak (stroke, penyakit alzheimer)

Semakin bertambah usia, maka waktu tidur cenderung berkurang. Sehingga sulit tidur ataupun terbangun pada dini hari. Terbangun pada dini hari, pada usia berapapun merupakan pertanda depresi. Terkadang waktu tidur menjadi berantakan, malam jadi siang, siang jadi malam.

Akibat hal tersebut, beberapa orang bergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa istirahat. Namun ternyata, ada beberapa tumbuhan yang bisa dijadikan resep obat tidur paling mudah, isinya jahe, daun pandan, dan kunyit. Selain mengkonsumsi minuman herbal, agar bisa mengatasi insomnia lebih baik mulai mengurangi konsumsi gula.

Berikut resep obat tidur paling mudah ala Dr. Zaidul Akbar:

Sediakan satu potong jahe berukuran sedang, kemudian di geprek. Siapkan irisan tiga helai daun pandan berukuran kecil. Kemudian seduh dengan air mendidih. Jika ingin manis, tambahkan madu setelah airnya hangat. Mudah bukan?

Baca juga: Tips agar terhindar dari Serangan Jantung dr. Zaidul Akbar

Apa saja khasiat dari resep di atas?

  • Campuran daun panda dan jahe dapat memudahkan anda untuk rileks sehingga tidak sulit tidur
  • Maag dan rasa mual akan hilang
  • Memperbaiki lambung
  • Menetralkan denyut jantung
  • Melancarkan pencernaan

Untuk mengatasi sulit tidur, sebaiknya perlu mengatur pola tidur yang baik. Usahakan sebelum tidur untuk berwudhu dan hindari penggunaan obat tidur agar tidak kecanduan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *