Resep Untuk Memperbanyak Booster Asi Ala dr. Zaidul Akbar

Bagaimana cara memperbanyak booster ASI, karena anak susah makan dan hanya mau ASI?

Jawab:

Memberi ASI memang menjadi moment membahagiakan bagi seorang ibu. Penelitian mengatakan ASI merupakan makanan alami terbaik bagi bayi. Banyak manfaat ASI yang diberikan kepada bayi, di antaranya:

  • Melindungi bayi dari berbagai macam penyakit

Bayi memang rentan terkena penyakit, namun dengan pemberian ASI oleh ibu dapat melindungi bayi dari berbagai macam penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat gangguan pernafasan bawah, virus perut, infeksi telinga, diare, dan meningitis lebih rendah pada bayi yang diberi ASI. Begitu pula dengan radang usus besar dan kanker.

  • Mencegah gangguan penglihatan

ASI merupakan sumber vitamin A yang baik bagi mata si bayi. Sehingga dapat mengoptimalkan penglihatan dan mencegah terjadinya infeksi mata.

  • Meningkatkan kecerdasan bayi

ASI eksklusif yang diberikan kepada bayi dapat meningkatkan perkembangan kognitif yang signifikan.

Baca juga: Gejala-gelaja kista pada rahim, penting bagi perempuan

  • Melindungi bayi dari alergi dan asma

ASI dapat mudah dicerna dibanding susu formula. ASI adalah susu alami dari ibu yang lebih rendah protein dari pada susu sapi. Meski rendah, seluruh protein dapat dicerna oleh bayi dengan baik, sedangkan protein pada susu sapi hanya mampu dicerna setengah sehingga terbuang dan dapat menimbulkan alergi.

  • Mencegah obesitas pada bayi

ASI mengandung banyak leptin yang dapat mengontrol nafsu makan dan lemak. Sedangkan pada susu formula berat badan bayi lebih meningkat di minggu pertama ketimbang saat diberi ASI.

Selain bermanfaat kepada bayi, ibu yang menyusui akan mendapatkan manfaat, seperti:

  • Menurunkan resiko kanker payudara
  • Menurunkan resiko stress dan depresi pasca melahirkan
  • Membakar kalori lebih banyak

Baca juga: Obat Alami Atasi Nyeri dan Memperlancar Menstruasi

Di bawah ini resep minuman booster ala dr Zaidul Akbar:

Minuman untuk booster ASI memang diperkaya akan asam amino, enzim protein, mineral, vitamin dan masih banyak lagi. Booster ASI dapat menjadi sumber tenaga dengan sumber protein yang sehat. Banyak bahan-bahan alami yang bisa dijadikan minuman untuk booster ASI. Semua tergantung selera, dan persiapan bahan-bahan. Di bawah ini bahan-bahan yang harus dipersiapkan antara lain:

  1. Alpukat
  2. Susu kambing
  3. Madu
  4. Kurma
  5. Sedikit kopi bubuk
  6. Sedikit jahe

Cara membuatnya:

  1. Siapkan blender
  2. Pastikan bahan-bahan di atas sesuai takaran atau selera
  3. Diblender secukupnya
  4. Kemudian tuangkan dalam wadah

Atau alternatif bahan lain, booster saja ASInya dengan habbatussauda, bisa juga minum susu dari kacang-kacangan misalnya kacang almond, atau susu yang terbuat dari santan. Namun santan tersebut jangan dipanaskan. Campurkan santan dengan kurma atau kunyit kemudian di blender. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *