Cara cek penerima vaksin covid 19 secara online beserta syaratnya

Pada hari ini 13 Januari 2021, Indonesia sudah memulai program vaksinasi covid-19, orang pertama yang diberikan suntik vaksin adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah itu dilanjutkan kepada menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin, perwakilan tokoh agama, perwakilan pengusaha, perwakilan dokter, dan perwakilan bidang. Gelombang pertama vaksinasi diberikan kepada tenaga kesehatan terlebih dahulu dan pejabat publik yang rentan terinfeksi Covid-19

Pemberian vaksin kepada Presiden dilaksanakan di Istana Negara dengan beberapa tahapan. Di meja pertama melakukan klarifikasi data, selanjutnya di meja kedua melakukan tes tensi dan klarifikasi sedikit tentang kesehatan, di meja ketiga disuntik vaksin covid-19 oleh dokter kepresidenan, dan terakhir di meja keempat diberikan kartu tanda suntik vaksin covid-19.

Baca juga : Tips Bagi Ibu Hamil saat Masa Pandemi

PeduliLindungi merupakan website atau aplikasi yang dibuat oleh pemerintah Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pada Aplikasi PeduliLindungi masyarakat bisa mengecek dirinya, apakah terdaftar sebagai penerima vaksin covid-19 atau tidak. Download aplikasi PeduliLindungi di Google Playstore atau cek ke website https://pedulilindungi.id/.

Berikut cara mengecek penerima vaksin covid-19 :

  1. Buka website pedulilindungi.id/cek-nik
  2. Isi nama sesuai KTP dan NIK sesuai KTP pada kolom yang tersedia
  3. Klik kotak saya bukan robot
  4. Klik tombol selanjutnya
  5. Layar akan muncul keterangan apakah NIK terdaftar atau tidak sebagai penerima vaksin-19

Dalam beberapa hari kedepan, calon penerima vaksin covid-19 akan menerima notifikasi SMS dari ID Pengirim : PEDULICOVID. Dan akan diarahkan untuk registrasi ulang secara elektronik melalui :

  • Aplikasi PeduliLindungi
  • Website pedulilindungi.id
  • SMS ke 1199 atau melakukan panggilan ke *119#

Selanjutnya Sistem akan mengirimkan tiket elektronik kepada calon penerima vaksin yang terverifikasi. Layanan pengingat jadwal akan dikirimkan oleh sistem melalui via SMS atau website kepada calon penerima.

Baca juga : Resep Hidup Sehat dari dr. Zaidul Akbar

Perhatian! Setelah menerima suntik vaksin covid-19, masyarakat diharapkan tidak langsung pulang atau beraktivitas, tetapi menunggu di fasilitas kesehatan selama 30 menit, karena akan menerima beberapa reaksi lokal seperti nyeri, kemerahan, atau bengkak pada suntikan. Adapun reaksi sistemik seperti demam, nyeri otot seluruh tubuh, nyeri sendi, badan lemah dan sakit kepala. Jadi jika terjadi hal tersebut, petugas akan memberikan obat atau parasetamol sesuai dosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *