Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh dr. Zaidul Akbar

Menjalankan puasa merupakan bagian dari rukun Islam. Puasa adalah kegiatan menahan lapar dan haus serta segala perbuatan yang membatalkannya. Mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan syarat tertentu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Utamanya puasa ramadhan yang hukumnya wajib.

Persiapan mental dan fisik sangat diperlukan dalam menjalankan puasa ramadhan. Maka dari itu, syarat orang yang wajib puasa antara lain: berakal, baligh, Islam, serta mampu menjalankannya. Apabila mereka tidak mampu, maka bisa mengganti puasa ramadhan di lain waktu (qodho) atau membayar fidyah.

Tahukah kamu, puasa bukan hanya sekedar menahan untuk tidak makan dan minum. Namun puasa juga dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh, apa saja?

  1. Memperbaiki metabolisme tubuh

Menurut dr. Zaidul Akbar, puasa dapat memperbaiki metabolisme tubuh, karena pada saat puasa tubuh akan melakukan proses pembersihan diri dari makan-makanan tidak sehat sekalipun. Tanpa kamu sadari, kamu sedang melakukan diet secara suka rela. Padahal kalau sudah hubungannya dengan diet, agak sulit. Hari ini bertekad untuk diet, tetapi besoknya makan banyak bahkan makan-makanan yang tidak sehat. Bersyukurlah, selain raga bersih. Puasa juga dapat membuat setiap individu menjadi dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, iman membaik dan dosa diampuni.

Baca juga : Resep hidup sehat dari dr zaidul akbar

  1. Puasa dapat mengurangi gula darah

Merupakan sebuah berkah, keuntungan bagi para penderita diabetes. Selama berjam-jam tidak makan dan minum membuat gula darah mau tidak mau digunakan atau dibakar untuk menghasilkan energi. Sehingga dapat mengurangi gula darah bagi para penderita diabetes. Namun ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum berpuasa.

  1. Puasa dapat mengatasi masalah pencernaan

Saat berpuasa, organ pencernaan akan beristirahat. Organ akan bekerja pada tingkatan yang rendah. Itu membuat proses pencernaaan dapat melakukan penyeimbangan cairan dalam tubuh. Sehingga masalah pencernaan tidak akan mudah menyerang, apabila puasa dilakukan secara benar. Bukan hanya masalah pencernaan, puasa juga dapat mengatasi radang, meningkatkan peluang kesembuhan pada penyakit radang usus besar.

Baca juga : Jurus Hidup Sehat Untuk Anak Kos Ala JSR

  1. Puasa dapat memberikan ketenangan batin

Bagi kesehatan mental , puasa memiliki peran penting untuk ketenangan hati dan pikiran. Saat berpuasa, orang-orang diajak untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan banyak beribadah, berdoa dan bersedekah. Perilaku juga menjadi lebih dijaga dari sebelumnya, kegiatan tersebut bisa berdampak baik pada ketenangan hati dan pikiran.

Nah, itu dia sederet manfaat berpuasa bagi kesehatan. Untuk dapat merasakan setiap manfaat puasa, kamu juga harus tetap menjaga pola makan yang baik untuk mencegah kekurangan cairan yang berlebihan. Persiapkan mental dan fisik, bagi orang-orang yang sedang dalam keadaan tertentu, seperti ibu hamil, ibu menyusui dan penderita diabetes sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter sebelum memulai puasa. Selamat berpuasa, semoga puasa kita diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Aaamiiin. Jadi, apa menu buka puasa dan sahur hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *